SMK Islam Nusantara Comal

Login Area

N.I.S  
Password  
   

Pendapat

Apakah Website SMK Islam Nusantara perlu di ganti templatenya, supaya lebih dinamis lagi?
Perlu Ganti Template
Tidak perlu sudah bagus dengan template ini

Mari Menulis Artikel

Pengirim: Basori | Kategori: Pendidikan

Mari Menulis Artikel

Halo sahabat MadingSekolah.Net semua, sudahkah teman-teman membaca buku hari ini? Kalau belum, ayo cari dan baca apa saja yang bisa dibaca, salah satunya adalah tulisan artikel baik di koran maupun di internet, karena dengan membaca kita akan selalu menjadi lebih baik dari hari kemarin, tentu, karena pengetahuan kita akan terus bertambah.

                Ngomong-ngomong tentang artikel, teman-teman tahu jenis tulisan seperti apakah artikel itu? Bagaimana cara menulisnya? Dan bagaimanakah tips agar tulisan artikel kita dimuat di koran ataupun di media-media yang bisa dibaca banyak orang?. Nah, untuk kali ini tim redaksi MadingSekolah.Net akan mengajak teman-teman untuk membicarakan pengetahuan seputar artikel, kebetulan dalam kesempatan kali ini kami berhasil mewawancarai seorang penulis yang ratusan artikelnya sudah tersebar di media cetak lokal maupun nasional, dia adalah Abdul Rosyidi, atau lebih akrab disapa Mas Ocid, selain sebagai penulis artikel, dia juga sebagai wartawan di harian Fajar Cirebon, dan pernah menjadi pemimpin redaksi majalah bernama Blakasuta, sebuah media yang membahas tentang penguatan masyarakat. Kita langsung simak saja yuk obrolannya, mari!

Yang dimaksud artikel itu apa sih?

Saat tulisan tersebut mengemukakan gagasan penulisnya, mungkin itu bisa disebut sebagai artikel. Gagasan yang ditulis biasanya merupakan hasil merenung dan berpikir penulisnya terhadap masalah-masalah yang penting, aktual ataupun memiliki keterkaitan dan hubungan.

Menulis artikel juga berarti membangun atau menuliskan argumentasi terhadap gagasan kita terhadap bahasan tertentu. Meskipun tidak baku, biasanya artikel mempunyai struktur dasar;  pendahuluan, isi dan penutup. Akan tetapi, jika sudah mahir, penulis bisa mengembangkan gayanya sendiri, terlepas dari struktur. Yang terpenting adalah usahakan gagasan tersebut bisa dipahami pembaca.

Apa saja sih langkah-langkah dan tahap menulis artikel?

Tentukan dulu hendak menulis tentang apa, kemudian cari dan gali datanya, bisa dengan membaca buku, browsing di internet, tanya ke teman, guru, dosen, penelitian kecil-kecilan ke warung kopi atau apapun itu yang membawa pengetahuan. Proses ini bisa terbalik dan berulang, kamu bisa menggali data dulu, baru menentukan tema apa yang mau ditulis, fleksibel saja, santai saja, tidak usah rumit.

                Oh ya, Seringkali juga ide tulisan datang tiba-tiba saat berada di toilet, angkot atau tempat lainnya, segera tulis ide tersebut di ponsel atau media apapun, untuk kemudian perdalam ide tersebut dengan mencari sumber datanya di buku, internet atau sebagainya. Jangan sampai ide tersebut menguap dan hilang percuma karena lupa. Setelah itu, tulislah, tulis… lis… lis! jangan takut salah, jangan takut tidak bagus, jangan takut apapun.

Permasalahan apa saja yang bisa dijadikan tema untuk menulis artikel bagi penulis remaja?

Masalah apa saja bisa dijadikan tema artikel, remaja ataupun orang dewasa sama saja.  Meskipun, penulis remaja bisa akan punya kelebihan jika menulis tentang dunianya (dunia remaja) yang tidak semua orang bisa memahami dan mengalaminya. Seperti tema pendidikan, kenakalan remaja, gaya remaja perkotaan dan lain sebagainya.

Bagaimana trik mengirim artikel agar diterima dan dimuat di koran?

Tidak ada trik atau tips khusus, tapi yang utama kita harus memahami dulu karekter koran yang hendak kita kirimi tulisan. Cara memahami dan belajar artikel paling mudah yakni dengan membaca artikel di koran, selidiki strukturnya, pahami tulisannya, cermati gaya bahasanya, kenali orang-orangnya, jangan menyerah bila tidak kunjung dimuat, buat lagi tulisan yang lain, kemudian kirimkan lagi.

Apa saran Anda bagi pelajar, terutama dalam membangkitkan semangat menulis?

Menulis sama dengan memenuhi panggilan hidup, karena dengan menulis, kita turut berbagi gagasan dengan orang lain. Menulis amat berkaitan erat dengan gejolak spiritualilas seseorang untuk mengungkap ketidak-beresan yang tidak disadari masyarakat. Jadi, jangan patah semangat apabila tulisan yang dikirim ke koran belum kunjung muat, tugas kita hanya menulis, urusan dimuat atau tidak itu urusan redaktur.

Terakhir, membacalah yang rakus sebelum menjadi penulis yang bagus.

 

Sumber : http://madingsekolah.net/2013/mari-menulis-artikel/

Mading Online Lainnya

KEPALA SEKOLAH
PENGUMUMAN
Mading Online
(Basori)
19 Maret 2014 | Pendidikan
(Basori)
24 Februari 2011 | Pendidikan
Statistik
Jumlah Pengunjung 177392
User Online 16
Developed by ImediaSolusi
Copyright SMK Islam Nusantara Comal, 2018, All Right Reserved